Thursday, June 4, 2015

TUGAS 5 BAHASA INDONESIA 2 : PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

               Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu negara. Perkembangan ekonomi di suatu negara ditandai dengan proses perubahan kondisi secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik. Selain itu, pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan pendapatan nasional. Dari beberapa pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan ekonomi merupakan salah satu indikasi keberhasilan pembangunan suatu negara.
               Bila melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, hal tersebut mengalami penurunan dari tahun 2010 sampai sekarang. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia mencapai lebih dari 6 % selama kurun waktu 2010-2012, hal itu merupakan keadaan yang sangat baik. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun menjadi 5,7 % pada tahun 2013 dan penurunan tersebut kembali berlanjut padakuartal I di tahun 2014 yaitu hanya sebesar 5,21 %.
               Data diatas menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami degradasi, tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Salah satu penyebab melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah krisis finansial yang terjadi di negara-negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan negara yang tergabung di Uni Eropa. Krisis yang terjadi pada negara-negara maju tersebut membawa aliran gelombang krisis yang keras dan berdampak sampai dikawasan Asia termasuk Indonesia. Para investor yang menanamkan modal mereka pada sektor non riil mulai menarik kembali dana-dana mereka yang diinvestasikan di lantai bursa. Tujuan para investor melakukan itu adalah menutupi kerugian keuangan yang tengah melanda negara-negara investor tersebut. Selain itu krisis finansial tersebut juga memiliki beberapa dampak negatif lain seperti nilai tukar rupiah yang rendah,   sedikit transaksi export (penjualan barang ke luar negeri) yang terjadi dan laju investasi yang lemah.
               Kita sebagai rakyat Indonesia bisa melakukan langkah sederhana yang dapat untuk mengangkat pertumbuhan ekonomiIndonesia supaya lebih meningkat. Hal sederhana yang bisa kita lakukanyaitu dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri. Dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri kita bisa meningkatkan produksi dalam negeri dan meningkatkan aliran perputaran uang yang terjadi di dalam negeri. Sehingga perekonomian Indonesia sedikit demi sedikit bisa berkembang dan bisa mencapai hasil yang optimal.

Daftar Pustaka:

No comments:

Post a Comment