Pada
dasarnya harga merupakan sebuah atribut dalam pengambilan keputusan konsumen
untuk membel suatu produk. Hal ini akan menyebabkan terjadinya persaingan harga
dari berbagai merk yang tersedia di pasar, sehingga konsumen lebih sensitive terhadap
perubahan harga dan akan beralih ke merk lain yang lebih murah. Karena melihat
kesempatan memilih produk tersebut dengan harga yang lebih murah dari biasanya
sehingga lebih ekonomis. Untuk mengatasi masalah persaigan tersebut maka
perusahaan harus menerapkan srategi yang dapat meningkatkan penjualan produk
mereka.perusahaan juga harus meningkatkan kinerja perusahaan.
“Menurut
Augusty Ferdinand (2006) “ harga merupakan suatu variable penting dalam
pemasaran, dimana harga dapat mempengaruhi konsumsi public untuk mengambil
keputusan dalam membeli suatu produk. Konsumen mempunyai anggapan adanya
hubungan nrgatif antara harga dan kualitas. Mereka akan membandingkan antara
produk satu dengan yang lain , dan barulah mengambil keputusan. Hubungan diatas
menandakan bahwa harga juga mempunyai perngaruh dalam volume penjualan. Apabila
harga barang murah maka akan terjadi kenaikan dalam volume penjualan tersebut. Apabila
harga barang mahal maka akan terjadi penurunan dalam penjualan barang tersebut.
Volume
penjualan juga digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan. Volume penjualan
akan meningkat seirig dengan banyaknya permintaan dari pelanggan yang juga
dipengaruhi oleh harga. Apabila volume penjualan meningkat, itu menandakan
bahwa kebutuhan masyarakat akan produk tersebut meningkat. Bukan hanya itu,
volume penjualan yang meningkat juga akan berpengaruh terhadap peningkatan
pendapatan suatu perusahaan. Oleh karena itu, dalam menetapka harga suatu
produk, perusahaan harus pandai membaca kondisi yang ada di pasar dan
menetapkan harga yang dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan pendapatan
perusahaan.
Daftar Pustaka : https://www.scribd.com/doc/117817719/Pengaruh-Harga-Terhadap-Volume-Penjualan-Tiket-PT-Maniela-Tours-Travel-Soraya-Faradina-1111082000003-Marnita-Dewi-P-1111082000012-JURNAL-REVI
No comments:
Post a Comment