Friday, June 26, 2015

TUGAS 6 BAHASA INDONESIA 2 : PENGARUH HARGA TERHADAP PENJUALAN

Pada dasarnya harga merupakan sebuah atribut dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membel suatu produk. Hal ini akan menyebabkan terjadinya persaingan harga dari berbagai merk yang tersedia di pasar, sehingga konsumen lebih sensitive terhadap perubahan harga dan akan beralih ke merk lain yang lebih murah. Karena melihat kesempatan memilih produk tersebut dengan harga yang lebih murah dari biasanya sehingga lebih ekonomis. Untuk mengatasi masalah persaigan tersebut maka perusahaan harus menerapkan srategi yang dapat meningkatkan penjualan produk mereka.perusahaan juga harus meningkatkan kinerja perusahaan.

“Menurut Augusty Ferdinand (2006) “ harga merupakan suatu variable penting dalam pemasaran, dimana harga dapat mempengaruhi konsumsi public untuk mengambil keputusan dalam membeli suatu produk. Konsumen mempunyai anggapan adanya hubungan nrgatif antara harga dan kualitas. Mereka akan membandingkan antara produk satu dengan yang lain , dan barulah mengambil keputusan. Hubungan diatas menandakan bahwa harga juga mempunyai perngaruh dalam volume penjualan. Apabila harga barang murah maka akan terjadi kenaikan dalam volume penjualan tersebut. Apabila harga barang mahal maka akan terjadi penurunan dalam penjualan barang tersebut.

Volume penjualan juga digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan. Volume penjualan akan meningkat seirig dengan banyaknya permintaan dari pelanggan yang juga dipengaruhi oleh harga. Apabila volume penjualan meningkat, itu menandakan bahwa kebutuhan masyarakat akan produk tersebut meningkat. Bukan hanya itu, volume penjualan yang meningkat juga akan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan suatu perusahaan. Oleh karena itu, dalam menetapka harga suatu produk, perusahaan harus pandai membaca kondisi yang ada di pasar dan menetapkan harga yang dapat bersaing sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Daftar Pustaka : https://www.scribd.com/doc/117817719/Pengaruh-Harga-Terhadap-Volume-Penjualan-Tiket-PT-Maniela-Tours-Travel-Soraya-Faradina-1111082000003-Marnita-Dewi-P-1111082000012-JURNAL-REVI 

No comments:

Post a Comment