Thursday, June 4, 2015

TUGAS 4 BAHASA INDONESIA 2 : MANFAAT KOMPUTER

 Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas.Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologikhususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.Saat ini komputer hampir dapat dijumpai di setiap kantor pemerintah, perusahaan,sekolah, atau bahkan rumah tangga. Perkembangan teknologi komputer yang pesat, khususnya di bidang perangkat lunak, membuat computer menjadi semakin user friendly dan telah menjadikannya suatu kebutuhan bagi kalangan tertentu, misalnya kalangan bisnis.

Dalam melakukan pekerjaan mereka sangat tergantung pada komputer. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai pengganti mesin tik ataupun alat hitung, namun kini juga banyak digunakan dalam membantu pembuatan keputusan penting. Pada zaman sekarang bila seseorang tidak mengerti computer akan dbilang kuno atau ketinggalan zaman. Sementara di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan computer. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda apabila di tanya tentang manfaat computer.

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,mempermudah , mempecepat pekerjaan­-pekerjaan manusia diantaranya adalah :

Bidang Pendidikan
 Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telahmerambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudahdiperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.2.

Bidang Kesehatan
 Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit PertaminaJakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsiorgan dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yangdigabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.3.

Bidang Transportasi
 Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di programdan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkanotomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

Daftar Pustaka 
http://www.academia.edu/4597948/MAKALAH_TENTANG_MANFAAT_KOMPUTER


No comments:

Post a Comment