Dalam organisasi pada hakekatnya itu terdapat beberapa
faktor – faktor yang menyebabkan suatu perubahan dalam organisasi
tersebut.Setiap perubahan yang terjadi dalam organisasi itu sangatlah
berpengaruh besar terhadap perkembangan atau bahkan penurunan dari organisasi
tersebut dikarenakan karena ada sesuatu sistem yang berubah dari organisasi
tersebut dari sistem sebelumnya,itulah yang disebut sebagai perubahan dimana
cara – cara atau sistem – sistem lama dalam organisasi itu berganti dengan cara
– cara atau sistem – sistem baru dalam organisasi.Untuk lebih jelasnya dibawah
ini saya akan jelaskan beberapa faktor penyebab terjadinya perubahan dalam
organisasi antara lain :
· Faktor
Ekstern ( Faktor Diluar Organisasi )
Faktor
ekstern adalah faktor yang terjadi di luar sebuah organisasi tersebut,contohnya
itu seperti : faktor Teknologi dan Pemerintahan yang mendukung suatu organisasi
tersebut itu dapat berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan
sekitarnya.Selain itu ada lagi faktor ekstern seperti : Selera pasar yang
semakin hari semakin cepat berubah tergantung dari selera konsumen,jadi
perubahan tersebut sangat cepat terjadi.
· Faktor
Intern ( Faktor Didalam Organisasi )
Faktor
Intern adalah faktor yang terjadi di dalam sebuah organisasi tersebut,contohnya
itu seperti : faktor anggaran dalam organisasi itu,jadi yang menyebabkan
perubahan dalam organisasi tersebut karena faktor anggaran adalah sistem atau
kinerja dalam organisasi tersebut,misalnya anggaran yang lama tidak memiliki
suatu peningkatan atau hanya disitu – situ saja,tetapi setelah adanya perubahan
sistem anggaran yang baru dalam organisasi tersebut,anggaran organisasi
tersebut menjadi meningkat dan manajemen keungannya juga bagus,itulah salah
satu contoh perubahan intern dalam organisasi.
Faktor –
faktor diatas adalah faktor – faktor yang menyebabkan organisasi tersebut
mengalami perubahan baik di luar organisasi maupun di dalam
organisasi.Perubahan tidak terjadi begitu saja atau tidak secepat yang kita
bayangkan,misalnya suatu organisasi yang mikro pada awalnya,tiba – tiba suatu
saat menjadi organisasi yang maju dan berkembang,tidak semudah itu.Semua itu
perlu adanya proses yang dapat menunjang suatu organisasi itu mengalami
perubahan yang lebih baik.Dan berikut saya akan jelaskan Proses perubahan :
Dalam
suatu proses itu ada beberapa langkah untuk memenuhi tujuan organisasi tersebut
yaitu :
è Mengadakan
Pengkajian
Maksudnya
adalah dalam organisasi tersebut diadakan suatu pengkajian atau proses penindak
lanjutan kegiatan – kegiatan atau cara – cara apa saja dalam organisasi
tersebut,misalnya diadakan pengkajian setiap sebulan sekali dalam organisasi
tersebut agar organisasi tersebut itu update dengan info- info yang dapat
menunjang kemajuan dan tujuan dari organisasi tersebut.
è Mengadakan
Identifikasi
Maksudnya
adalah melakukan penyelidikan atau pemeriksaan secara detail tentang
permasalahan – permasalahan apa saja yang terjadi dalam organisasi
tersebut,misalnya mengadakan identifikasi masalah kasus yang sedang terjadi
dalam organisasi tersebut setiap seminggu sekali,langkah tersebut bertujuan
agar dalam organisasi tersebut tahu bagaimana menyelesaikan masalah apa saja
yang terjadi dalam organisasi tersebut.
è Menetapkan
Perubahan
Maksudnya
adalah menetapkan suatu perubahan yang baru atau bisa dikatakan sebuah sistem
baru dalam organisasi tersebut,misalkan terjadi suatu perubahan sistem dalam
organisasi tersebut dari sistem yang lama dengan sistem yang baru dan apabila
dilihat dari kinerjanya sistem baru tersebut memang bagus dan berkembang dari
sistem yang lama,maka perubahan sistem tersebut harus ditetapkan dan
meninggalkan sistem yang lama.
è Menentukan
Strategi
Maksudnya
adalah sebelum melangkah dan memutuskan pilihan dalam suatu organisasi
tersebut, harus ditentukan dulu matang – matang atau difikirkan terlebih dahulu
kira – kira strategi apa yang dapat memajukan sebuah organisasi tersebut.
è Melakukan
Evaluasi
Maksudnya
adalah melakukan suatu perubahan – perubahan sikap dalam organisasi
tersebut,misalnya kita cari dulu apa yang salah dalam organisasi tersebut dan
solusi apa yang dapat menyelesaikan masalah tersebut lalu kita benarkan
kesalahan – kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya lagi,itulah yang
disebut mengevaluasi atau bisa dikatakan melakukan sebuah perubahan atau
perbaikan dalam organisasi tersebut,dengan sering kita mengevaluasi dalam
organisasi tersebut, maka organisasi tersebut menjadi bersikap hati – hati dan
teliti dalam setiap bertindak melakukan sesuatu yang berdampak langsung dalam
organisasi tersebut.
Jadi pada
intinya organisasi itu jangan cukup puas dengan apa yang sudah di dapat,terus
mencari peluang – peluang apa saja yang kiranya dapat diminati oleh banyak
orang dan dapat memejukan organisasi tersebut,menjalin komunikasi yang baik dan
melakukan sebuah perubahan – perubahan besar yang dapat memajukan organisasi
tersebut menjadi lebih baik dan juga merubah strategi – strategi lama dengan
strategi – strategi baru yang dapat menunjang sebuah organisasi tersebut lebih
berfikir kreatif dan berguna bagi organisasi – organisasi yang lain dan
menciptakan sebuah inovasi baru dalam organisasi tersebut yang belum pernah ada
sebelumnya,dengan begitu organisasi tersebut lama – kelamaan akan menjadi
organisasi yang berkembang bahkan bisa maju.
Informasi Kontes SEO untuk para blogger atau MASTER SEO gan.. ada 3 kontes SEO 2014 yang baru running nih, Semua GRATIS PENDAFTARAN.
ReplyDelete*Kontes seo Afa Togel www.kontes-seo-afatogel.com/ Total hadiah 25.jt
18 januari 2014 - 18 maret 2014
*Kontes seo Batik Poker www.kontes-seo-batikpoker.com/ Total hadiah 32.jt
22 januari 2014 - 22 maret 2014
*Kontes seo Eyang Togel www.kontes-seo-eyangtogel.com/ Total hadiah 25.jt
26 januari 2014 - 26 maret 2014
info lebih lengkap masuk aja ke situsnya